Selasa, 01 Juli 2014

Resensi Komik : Marvel's Civil War

Judul : Marvel's Civil War
Penulis : Mark Millar
Artist/Penciller : Steve McNiven
Penerbit : Marvel Comics


Civil War adalah salah satu  Event terbesar Marvel comic. Untuk Cerita Event ini diserahkan pada Mark Millar, Sedangkan untuk pencillernya ditunjuk Steve Mcniven yang mempunyai gaya gambar yang cukup detail dan tajam. Civil War adalah judul dari seri komik produksi Marvel yang diterbitkan pada tahun 2006 - 2007. Inti cerita dari Civil Wal sendiri adalah mengenai pertempuran antara para pahlawan super akibat perbedaan pendapat dalam menyikapi undang-undang registrasi pahlawan super. Total, ada 7 nomor komik yang menyusun seri komik ini. Ada begitu banyak karakter pahlawan super dari Marvel yang ditampilkan dalam kisah Civil War, mulai dari Iron Man, Captain America, Spider-Man, Fantastic Four, X-Men, Daredevil, hingga Doctor Strange. Banyaknya karakter yang terlibat & tema cerita yang diangkat lantas membuat kisah Civil War menjadi salah satu kisah terpenting dalam kronologi Marvel Universe.



Sinopsis 
Diawali dengan peristiwa peledakan bagian Kota Stamford oleh Nitro yang persembunyiannya diserbu oleh New Warrior. Ledakan Nitro menyebabkan ratusan nyawa melayang, terutama anak-anak karena Nitro meledakkan dirinya didekat sekolahan. Peristiwa ini menyebabkan Masyarakat membenci superhero bahkan mereka mencelakai Human Torch disebuah Klub Malam. Sementara Pemerintah memproses undang-undang yang mengatur agar Superhero membuka identitasnya dan mendaftarkan diri yang kemudian dilatih agar boleh melakukan kegiatannya.


Pemerintah meminta Captain America memimpin proses registrasi tersebut, namun ia menolak karena ia sendiri tahu tentang bagaimana bahayanya bagi orang-orang terdekat para Superhero itu apabila identitasnya diketahui oleh umum Dan bagi Captain America Kebebasan adalah Ide dasar Amerika yang tidak seharusnya dibatasi oleh undang-undang yang ditetapkan sepihak. Hal ini yang ia perjuangkan sepanjang Hidupnya. Penolakan tersebut membuatnya menjadi buronan no 1 di Amerika, namun banyak superhero yang mendukungnya terutama mereka yang telah merasakan bahayanya apabila identitas mereka diketahui oleh musuh-musuh mereka, seperti Daredevil.
Karena Captain America menolak memimpin proses SHRA (Super-Human Registration Act), maka Iron Man selaku pendukung SHRA memimpin proses tersebut, bahkan ia berkerja sama dengan Hank Pym dan Reed Richards merancang dan membangun sebuah Penjara Super ketat di Negative Zone untuk menahan para Superhero yang menolak mendaftarkan diri. Maka dimulailah pertarungan antara Kubu Captain America yang membela kebebasan dan kemerdekaan pribadi melawan kubu Iron man yang membela Keamanan walaupun hal itu menekan kebebasan seseorang.

Nomor perdana dari komik Civil War terbit pada Juli 2006, sementara nomor terakhirnya bulan Februari 2007. Sejak dirilis ke khalayak umum, seri komik ini mendapatkan respon & tanggapan yang umumnya positif. Tanggapan positif utamanya ditujukan pada tema ceritanya yang berbobot, kualitas gambarnya yang memanjakan mata, & penggambaran emosi serta kepribadian dari masing-masing karakter secara mendalam. Namun, juga tidak lepas dari kritikan & respon negatif. Beberapa hal yang menjadi sasaran kritikan adalah gaya penceritaannya yang kelewat fokus pada karakter-karakter tertentu & akhir ceritanya yang terkesan dipaksakan. Komik Civil War ini juga dituduh membuat karakter Iron Man terlihat seperti karakter berwatak negatif.

Referensi 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar